Kamis, 31 Agustus 2017

Manfaat Pisang Ambon Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Pisang Ambon Untuk Ibu Hamil dan Janin - Pisang adalah buah yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, selain rasa yang enak ternyata buah pisang memiliki banyak sekali manfaat. Dan ternyata ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang ambon guna meningkatkan kesehatannya. Manfaat pisang ambon untuk ibu hamil sangat banya sekali, pisang ambon memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang kaya akan, kalsium, vitamin A, vitamin C, potassium, asam folat, magnesium, keratinoid, serta asam amino yang berguna untuk ibu hamil dan perkembangan janin.



Manfaat Pisang Ambon untuk Ibu di Awal Kehamilan

Pada awal - awal kehamilan tepatnya di trimester pertama, ibu hamil akan banyak sekali mengalami perubahan mulai dari berat tubuh sampai dengan perubahan fisik. Kandungan vitamin B6 yang sangat tinggi pada pisang ambon adalah salah satu manfaat pisang ambon untuk ibu hamil. Buah pisang ambon sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil akan vitamin B6 yang akan terus meningkat hingga 1.9 mg per hari selama masa kehamilan.

Vitamin B6 pada pisang ambon bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, membentuk jaringan sel, serta memberikan impuls syaraf positif untuk ibu hamil. Pisang Ambon juga bisa membantu mengendalikan emosi serta mood ibu hamil yang mengalami morning sickness, Kandungan vitamin B6 pada pisang akan menstimulasi pembentukan neurotransmitter, seperti serotonin, sehingga ibu hamil tidak terguncang secara emosional selama periode awal kehamilan.
 

Manfaat Pisang Ambon untuk Ibu Hamil dan Janin

Selain bisa mengurangi dampak dari morning sickness pada ibu hamil, ternyata pisang ambon memiliki beberapa manfaat lain untuk ibu hamil serta janinnya. Berikut adalah manfaat pisang ambon untuk ibu hamil :
  • Memberikan energi serta kalori untuk ibu hamil, jadi ibu hamil tidak perlu makan terlalu banyak selama masa kehamilan.
  • Memenuhi kebutuhan akan kalium dan pottasium, zat tersebut dapat mencegah terjadinya kram dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.
  • Pisang Ambon selain memiliki kandungan vitamin b6 yang tinggi juga memiliki kandungan vitamin c yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.
  • Membantu memproduksi sel darah merah serta mencegah terjadinya penyakit anemia.
  • Dapat membantu pembentukan sel baru pada janin di trimester 2 dan 3.
  • Mengandung asam folat yang bisa membantu pertumbuhan otak janin, kekurangan asam folat mengakibatkan terjadinya bayi lahir secara prematur.
  • Mengandung kalsium yang membantu tumbuh kembang tulang pada janin.
Mengkonsumsi dua buah pisang ambon secara teratur bisa membantu memenuhi kebutuhan ibu hamil akan energi, membantu pertumbuhan janin serta menjaga stamina ibu. Untuk memaksimalkan manfaat pisang ambon untuk ibu hamil, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam makanan sehat, supaya ibu hamil tidak merasa bosan.

Lainnya :
Kandungan dan Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan


Manfaat Pisang Ambon Untuk Ibu Hamil dan Janin


EmoticonEmoticon