Selasa, 05 September 2017

Penyakit Diabetes Melitus

Penyakit Diabetes Melitus - Tahukah anda? ternyata Indonesia menduduki urutan ke-10 sebagai negara terbesar penderita penyakit diabetes melitus. pada tahun 2013 saja diperkirakan hampir 8,5 juta orang yang berusia 20-79 tahun menderita diabetes melitus (Dikutip dari Federasi Diabetes Internasional), namun kurang dari 50% dari mereka yang menayadarinya.

Penyakit kencing manis atau yang lebih dikenal dengan sebutan Diabetes Melitus merupakan penyakit jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) jauh diatas normal. pada dasarnya glukosa ini sangat penting bagi tubuh karena merupakan sumber energi utama bagi otak dan sel-sel yang membentuk otot serta jaringan.

Meningkatnya kadar gula darah dapat diakibatkan karena adanya ganguan sistem metabolisme dalam tubuh dimana pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin. hormon insulin sendiri berfungsi untuk mengatur metabolisme karbohidrat dan tingkat gula darah sehingga kadar glukosa dalam tubuh tetap berada di angka normal.

Normalnya, kadar glukosa biasanya kurang dari 120-140 ml/dL dua jam setelah makan atau minum yang mengadung gula atau karbohidrat. Kadar gula darah normal cenderung akan mengalami peningkatan setelah menginjak usia 50 tahun, terutama bagi mereka yang jarang aktif bergerak secara fisik.

Berikut adalah beberapa faktor lain yang dapat memicu penyakit diabetes melitus

Faktor Genetik/Keturunan
Penyakit Diabetes sangat erat kaitannya dengan faktor keturunan. jika keluarga memiliki riwayat penyakit diabetes, maka bukan tidak mungkin akan ada juga yang mengalami penyakit diabetes jika tidak menjaga kesehatan dan mengontrol gula darah.

Faktor Makanan
Makanan juga bisa menjadi penyebab utama penyakit diabetes. jika anda tidak menjaga asupan makanan seperti makanan yang mengandung lemak atau kadar manis dari gula yang tinggi, maka hal tersebut akan sangat berisiko mengembangkan penyakit diabetes melitus.

Obesitas
Memiliki berat badan berlebih juga berisiko terkena penyakit diabetes. kenapa? karena ketika seseorang mengalami berat badan yang berlebih maka akan terjadi masalah ketidak seimbangan hormon di dalam tubuh. hal ini akan mengakibatkan insulin tidak dapat bekerja secara maksimal dalam menghantarkan glukosa dalam darah.

Kebiasaan Buruk Merokok
Merokok juga dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan resistensi insulin dalam tubuh. penelitian telah menunjukan peningkatan penyakit diabetes tiga kali lebih berisiko terhadap orang yang sering merokok dibandingkan dengan nonperokok.

Gejala Penyakit Diabetes Melitus

Gejala penyakit diabetes cenderung tidak spesifik, karena beberapa dari mereka tidak menyadari bahwa sudah mengidap diabetes selama bertahun-tahun. berikut beberapa gejala umum yang sering dialami oleh penderita penyakit diabetes, meliputi :
  • Sering merasa haus
  • Sering merasa lapar
  • Sering buang air kecil, terutama pada malam hari
  • Menurunnya berat badan tanpa alasan yang tidak jelas
  • Masa otot berkurang
  • Sering merasa lelah
  • Pandangan menjadi kabur
  • Luka yang sangat sulit untuk sembuh
  • Sering terkena infeksi, misalnya pada gusi, kulit,alat reproduksi atau saluran kemih

 

Pencegahan Penyakit Diabetes Melitus

Untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal dan menghindari hal-hal diatas, maka pola hidup yang baik harus selalu diperhatikan.dan berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghidari risiko terkena penyakit diabetes.
  • Olahraga, Anda bisa menstabilkan gula darah dengan berolahraga yang secara rutin dilakukan setidaknya 2,5 perminggu.
  • Memperhatikan asupan makanan, Memperhatikan asupan nutrisi dan gizi pada makanan dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.
  • Hindari Stress, Strees juga dapat memicu naiknya kadar gula darah. maka dengan cara menghindari strees dapat membantu menurunkan risiko penyakit diabetes.
Selain dengan cara diatas, anda juga disarankan untuk rutin mengontrol kadar gula darah ke dokter. ini bertujuan untuk mengetahui apa penyebab naik atau turunya kadar gula darah.

Penyakit Diabetes Melitus


EmoticonEmoticon